Rabu, 14 Agustus 2019

INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA


ALAT RUMAH TANGGA YANG MENGGUNAKAN LISTRIK


1. KULKAS


Kulkas atau lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan


2. SAKLAR

Saklar listrik adalah suatu komponen atau perangkat yang digunakan untuk memutuskan atau menghubungkan aliran listrik. 


3. TELEVISI

Televisi merupakan salah satu bentuk media sebagai alat komunikasi massa. Komunikasi massa merupakan pesan yang dikomunikasikan lewat media massa pada sejumlah besar orang. Media yang termasuk komunikasi massa yaitu siaran radio, televisi, film yang dikenalsebagai media elektronik, serta surat kabar dan majalah yang keduanya termasuk media cetak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa televisi merupakan media komunikasi massa yang memiliki perpaduan antara audio dan visual, yang mana masyarakat dapat melihat mendengar melalui audio dan melihat melalui visual.




4. OVEN
Pengertian oven listrik adalah oven yang menggunakan sumber panas dari tenaga listrik. Umumnya alat yang digunakan untuk menghasilkan panas tersebut dinamakan elemen.
Kelebihan dari Oven Listrik adalah lebih mudahnya dalam pengaturan suhu didalam oven. sehingga oven listrik banyak digunakan dipabrik-pabrik yang membutuhkan kecepatan dan hasil yang memuaskan. contoh aplikasi oven listrik adalah untuk oven pengecatan, untuk oven  kayu, untuk ruang pengujian display barang dan lain-lain.

5. MAGIC COM
Alat ini bisa mengolah beras menjadi nasi, 
6. MESIN CUCI
Mesin cuci merupakan peralatan rumah tangga listrik yang terdiri dari komponen-komponen listrik yang dirangkai sedemikian rupa, sehingga dapat berfungsi untuk mencuci, membilas dan memeras/ mengeringkan pakaian. Mesin cuci merupakan kelompok alat rumah tangga listrik dalam penggolongan pengkondisian mekanis karena pada mesin cuci tenaga listrik dikonversi menjadi energi mekanik. Tenaga mekanik inilah yang dimanfaatkan untuk dapat melakukan fungsi mencuci, membilas dan mengeringkan pakaian. Mesin cuci memiliki tenaga pengerak elektrik yang sering disebut sebagai motor listrik dengan berbagai macam kapasitas.


7. SETRIKA
Seterika listrik adalah alat yang dipanaskan digunakan untuk melicinkan / menghaluskan pakaian agar dapat lebih rapi dipakai, umumnya setelah dicuci dan dikeringkan. 
8. BELNDER

Blender merupakan salah satu alat rumah tangga listrik (ARTL) yang digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan makanan. Alat ini menggunakan komponen pengiris berbentuk pisau bermata empat.


9. STOP KONTAK

Stop kontak merupakan material instalasi listrik yang berfungsi sebagai muara penghubung antara arus listrik dengan peralatan listrik. Di bawah ini adalah gambar stop kontak out bow yang dipasang di luar tebok (tidak ditanam di dalam tembok) dan memiliki beberapa colokan sehingga sering disebut terminal. 


10. MESIN JAHIT


mesin jahit merupakan kebutuhan bagi para penjahit, karena sebagian besarnya baju yang kita pakai adalah hasil jahitan dari mesin jahit, bukan berarti mesin jahit hanya di pakai untuk membuat pakaian saja melainkan untuk membuat gordeng, sarung bantal, seprai, selimbut, dan lain-lain.
11. LAMPU


Lampu adalah sebuah peranti yang memproduksi cahaya.



12. LAPTOP

Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Mereka termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse . Karena laptop dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai yang memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik). Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stopkontak dan mengisi kembali baterai.
13. HP
Handphone merupakan alat telekomunikasi elektronik dua arah yang bisa dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan berupa suara. Pengertian tersebut merupakan pengertian handphone secara umum. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bahan keras buatan

ciri bahan keras buatan bahan keras buatan adalah sesuatu yangh diolah manusia dari beberapa bahan dan bersifat keras. a. kaca ka...