Rabu, 27 Maret 2019

KERAJINAN BAHAN LIMBAH KERAS

KERAJINAN BHAN LIMBAH KERAS


A. Kerajinan Limbah Cangkang Kerang

    Perairan Indonesia sangat luas dengan aneka satwa air penghuninya. Beraneka jenis kerang yang hidup di dalamnya dan beraneka ragam pula bentuknya. Apakah kamu mengetahui pengertian kerang itu? Bahasa latin kerang yaitu molusca, yaitu hewan air yang bertubuh keras yang memiliki cangkang. Kerang terbagi dua yaitu kerang betina dan jantan. Di daerah perkotaan atau pinggir kota, limbah cangkang kerang banyak dijumpai di restoran sea food. 

   Di tempat seperti ini dapat ditemui jenis cangkang kerang laut yang menjadi limbah. Kulit cangkang kerang memang memenuhi tempat sampah, karena ukuran daging kerang yang kecil membuat limbah cangkang kerang menumpuk dan tidak sedap dipandang. Banyak orang sudah banyak yang memanfaatkan cangkang kerang ini sebagai karya kerajinan. Turis mancanegara pun banyak yang menyukai karya kerajinan dari cangkang kerang produksi pengrajin Indonesia. Sejak dahulu cangkang kerang merupakan produk terbaik yang dihasilkan dari pengrajin Indonesia.

    Kini banyak negara asing yang turut bersaing mengikuti jejak Indonesia. Salah satunya Vietnam yang kini menjadi pesaing bisnis kerang dengan Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus, kreativitasmu perlu diasah terus menerus agar menghasilkan produk unggulan yang unikdan disukai banyak orang serta dapat menyaingi negara lain. 

  Dahulu cangkang kerang dibuat menjadi produk mainan anak. Anak-anak sangat senang menggunakan mainan dari cangkang kerang yang berbentuk aneka hewan lucu. Namun, dengan berkembangnya teknologi, produk kerajinan cangkang kerang tidak hanya dibuat dengan cara disusun dan ditempel. Tetapi, juga dibor dan dipadukan dengan bahan logam. Dengan kreativitas dan inovasi dari perajin dapat dihasilkan kerajinan cangkang kerang yang indah dan unik.

Adapun proses pengolahan cangkang kerang setelah diambil dari pantai sebagai berikut.
1) Cangkang kerang dipilah-pilah sesuai ukuran dan bentuknya.
2) Cangkang kerang dicuci dengan menggunakan air mengalir dan direndam dalam larutan natrium        soda, agar sisa-sisa daging cangkang kerang dan kotoran, serta bau yang ada di dalam cangkang          kerang dapat larut.
3) Cangkang kerang dikeringkan dengan pengering, tidak menggunakan sinar matahari langsung,            agar kualitas cangkang kerang tetap terjaga baik.
4) Persiapan bahan baku cangkang kerang dengan cara dikikir, diamplas, ataupun dipotong sesuai            kebutuhan.
5) Cangkang kerang siap dibuat produk kerajinan sesuai desain yang telah dibuat.






1) Bahan pembuatan kerajinan dari cangkang kerang
Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan cangkang kerang adalah kerang. Kerang yang dimanfaatkan juga beragam bentuknya. Setiap kerang memiliki nama seperti kerang darah, kerang hijau, kerang lokan, kerang remis, dan kerang tiram. Bahan-bahan tersebut dapat dipadukan dengan berbagai hiasan seperti logam perak, manik-manik, dan mata-mataan untuk
bentuk hewan.

Image result for kerang darah, kerang hijau kerang lokanImage result for kerang darah, kerang hijau kerang lokan    Image result for  kerang lokan

a. kerang darah, b. kerang hijau, dan c. kerang lokan.

Image result for lisi lem tembak,perak, manik manik, mata mataan   Image result for lisi lem tembak,perak, manik manik, mata mataan  Image result for manik manik 
lem embak kualitas satu, perak, manik-manik, dan mata mataan

2) Alat pembuatan kerajinan cangkang kerang
Alat pembuatan kerajinan kerang di antaranya amplas, kikir dan lem tembak. Ada juga yang menggunakan mesin gerinda untuk menghaluskan bagian yang tidak perlu.
 Alat pembuatan kerajinan cangkang kerang; a. amplas, b. kikir, c. lem tembak, dan d. gerinda.

3) Produk kerajinan dari limbah cangkang kerang
Hasil dari limbah cangkang kerang adalah kerajinan yangunik dan disukai banyak orang. Cangkang kerang yang berukuran kecil dan pipih dapat dibuat sebagai pelapis tempat sabun,penghias frame foto atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan,dan aneka lampu. Cangkang kerang yang berukuran sedang
dapat dijadikan sebagai tirai, replika hewan, bunga, dan miniatur bangunan.


4) Proses pembuatan kerajinan dari limbah cangkang
kerang
Kali ini yang akan dibuat adalah cangkang kerang beranekamacam yang dipadukan menjadi sebuah gantungan kunci lucudan unik. Teknik yang digunakan hanya dengan pengeleman saja.Pilih cangkang kerang yangakan digunakan.Beri lem untuk merekatkancangkang kerang.Tempelkan cangkang kerangsatu per satu.Boneka kerang sudah jadi.Tempelkan gantungan kuncidi bagian atas, dengan dilubangi terlebih dahulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bahan keras buatan

ciri bahan keras buatan bahan keras buatan adalah sesuatu yangh diolah manusia dari beberapa bahan dan bersifat keras. a. kaca ka...